Senin, 18 Oktober 2010

Nama : Tasha Sakinah
Kelas : 7C

Novel Anak

Judul : Laboratorium Liana
1. Sinopsis :
Liana memiliki tempat istimewa berlantai dua. Lantai bawah untuk menyimpan binatang dan informasi tentang spesies binatang serta tanaman. Ruang ini disebut juga ruang informasi. Lantai atas untuk menyimpan meja panjang. Biasa disebut juga meja eksperimen.
Selain itu, ada ruang eksperimen tempat menyimpan peralatan eksperimen: jaket, kacamata pelindung,sarung tangan, sepatu khusus, dan perkakas.
Suatu sore, liana memikirkan cara agar Sheza kapok. Liana membuat suatu penemuan yang akan membuat sheza kapok. Apakah penemuan itu ? Akankah Liana berhasil ?
2. Tokoh : a. Liana
b. Sheza
c. Astrid
d. Ayah Liana
e. Ibu Sheza

Watak : a. Baik hati , cerdik
b. Sombong , angkuh , jahat
c. Baik hati , setia kawan
d. Baik hati , suka menolong
e. Baik hati , suka memberi

Alasan : a. Karena dia suka menolong temannya yang
dalam kesulitan , dia juga dapat menemukan
penemuan yang hebat
b. Karena dia suka menyombongkan dirinya bahwa
dia orang cantik , kaya , dia juga suka mencaci
temannya
c. Karena dia suka membela dan menolong
temannya yang dalam kesulitan
d. Karena dia membantu anaknya membuat
laboratorium agar anaknya lebih nyaman
e. Karena dia sudah memberi Liana hadiah

Bukti : a. Halaman 12
b. Halaman 10 dan 11
c. Halaman 10
d. Halaman 31
e. Halaman 79

3. Tokoh favorit : Liana , karena dia cerdik

4. Pesan pengarang :

Saya Fatimah Salsabila , saya biasa dipanggil Caca. Saya lahir di cilacap, 27 maret 1998. Ini adalah novel pertamaku , aku harap kalian menyukainya ya ! .Pesan dari novel ini adalah kita tidak boleh mencaci maki serta berbuat tidak baik terhadap teman , karena dengan menyakiti hati teman , kita tidak mempunyai banyak teman serta dibenci banyak teman. Serta kita bisa sampai dikerjai oleh teman kita , maka dari itu berbuat baiklah dengan temanmu !!



5. Cerita versi ‘saya’ :

Liana adalah gadis yang pintar dan cantik. Liana hobi mengamati binatang dan mengoleksi semua tentang binatang. Liana adalah pecinta binatang , tikus adalah koleksi binatang terbanyak.
Liana mempunyai teman yang bernama Sheza. Sheza adalah anak yang suka bergosip , sombong , dan judes. Dia adalah satu-satunya orang yang paling dibenci di kelas. Dia tidak mempunyai banyak teman , temannya hanya michelle, Gaby, Tami, dan Diva. Sheza mempunyai rahasia yang tidak ada satu orang pun yang tahu , bahkan teman dekatnya juga tidak tahu.
Suatu hari ada temannya Liana yang sedang menguncir rambut, lalu Sheza malah mengata-ngatai dia , dan membuat temannya Liana itu menangis. Astrid langsung membela temannya yang bersedih itu. Sheza langsung membela dirinya dan tambah sombong. Lalu semua temannya pun , tambah membenci Sheza.
Suatu hari ayah Liana membuatkan laboratotrium untuk Liana di loteng seluas 50 meter. Lantai bawah untuk menyimpan binatang dan informasi tentang spesies binatang serta tanaman. Ruang ini disebut juga ruang informasi. Lantai atas untuk menyimpan meja panjang yang disebut juga meja eksperimen. Ada juga ruang eksperimen untuk menyimpan peralatan eksperimen.
Setiap hari disekolah Sheza selalu membuat ulah yang tidak baik. Jadi, Liana memutuskan untuk membuat Sheza kapok. Liana berencana untuk membuat bedak kebohongan. Liana mulai menulis daftar-daftar dan cara-cara membuat bedak kebohongan itu. Setelah beberapa jam , liana dapat menyelesaikannya.
Pada saat Liana pergi ke sekolah, Liana bertemu Sheza. Sheza langsung bertanya-tanya dimana belinya ? harganya berapa ? apakah itu buat aku ? Liana langsung menjawab bahwa bedak itu memang untuknya. Sheza berterimakasih terhadap Liana. Lalu Sheza pun langsung memakai bedak itu.
Setelah itu , Sheza segera mengungkapkan rahasia-rahasianya dan megatakan apa yang sebenarnya. Dan teman-temannya pun tertawa-tawa, Sheza pun juga sangat malu. Sekarang Sheza tidak suka sombong dan menghina teman-temannya lagi. Liana dan teman-temannya pun sangat senang karena dia tidak berbuat jahat lagi.
Sekarang, Sheza berteman dengan Liana, dan mereka melakukan banyak aktifitas yang seru. Seperti bermain dirumahnya , memasak bersama , belajar bersama dan banyak lagi. Suatu hari , datang seorang ibu-ibu dan menghampiri liana. Ibu itu segera berterimakasih kepada Liana. Ternyata itu adalah ibunya Sheza.
Ibu Sheza berbicara banyak hal tentang Sheza kepada Liana. Yang tadinya Sheza juga suka menjahili saudara-saudaranya , sekarang jadi tidak lagi. Lalu ibunya Sheza memberikan hadiah kepada Liana. Liana dan Sheza pun berteman selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar