Jumat, 05 November 2010

AKTUAL 2010 #10

AKTUAL 2010

Pada hari selasa tanggal 26 Oktober 2010 , saya dan teman-teman saya berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ). Pertama-tama kami berkumpul disekolah lalu melakukan apel. Setelah melakukan apel , kami segera menaiki bus. Setiap bus berisi 1 kelas (murid) , 3 guru , dan 3 osis mpk. Kami menaiki bus big bird. Saya berada di kelompok 2. Kelompok 2 tujuan utamanya adalah Museum Indonesia.
Setibanya disana , kami menuju ke Museum Indonesia. Disana , kami foto kelas. Sesudah foto kelas, kelompok 5 & 6 mengunjungi taman burung dan museum air tawar. Saya dan teman 1 kelompok saya segera memasuki Museum Indonesia itu. Setelah kami masuk , pertama-tama kami diajak oleh pembimbing nya ke lantai 2. Lantai 2 itu bertema manusia dan lingkungan. Disana , terdapat banyak benda-benda seperti miniatur rumah-rumah adat dan berbagai macam lumbung contoh rumah lelaki dan lumbung raja . Ada juga berbagai macam diorama seperti diorama upacara 7 bulanan , dapur batak ,dll. Di lantai 2 juga ada miniatur kapal phinisi , alat-alat rumah tangga , abjad pallawa , dan seni kaligrafi arab serta jawa. Katanya , seni yang paling bagus di lantai 2 itu adalah relief ramayana , itu adalah seperti ukiran-ukiran yang berada di tembok itu
Setelah itu , kami naik ke lantai 3. Disana kami menemukan seni yang katanya master piece disitu , itu adalah pohon hayat. Pohon hayat sangat tinggi dan besar juga lebar. Pohon itu menggambarkan 4 elemen ( air , tanah , api , dan udara ). Di lantai 3 juga ada songket-songket , batik , senjata-senjata , specimen uang , diorama , dan berbagai ukiran kayu. Setelah itu kami turun ke lantai 1. Di lantai 1 terdapat baju-baju adat dan baju pengantin dari berbagai propinsi , alat-alat musik , topeng-topeng , dan yang paling bagus disitu adalah lukisan citra indonesia. Kulisan citra indonesia ada burung garuda nya , gambar naga , dan negara indonesia serta baju-baju adatnya sesuai propinsinya. Setelah melihat-lihat isi lantai 1 , kami beristirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan ke taman burung.
Setelah kami sampai di taman burung , kami masuk dengan memakai masker dan topi sekolah. Di taman burung ada 2 kubah. Yaitu kubah barat dan kubah timur. Kubah barat itu terdiri dari burung-burung dari indonesia barat sedangkan kubah timur terdiri dari burung-burung dari indonesia bagian timur. Setelah kami masuk , kami disuruh memasuki ruangan , disana kami diberikan penjelasan tentang taman burung itu. Kelompok saya mengunjungi kubah timur terlebih dahulu setelah itu baru kami menungjungi kubah timur. Disana terdapat 1.300 burung. Salah satunya adalah elang jawa , elang bodol , burung kakak tua , burung hantu , burung onta , beo , maleo , jalak bali , cendrawasih , onagadori , angsa , dan burung kuntul. Setelah dari situ , kami naik bus dan menjemput teman-teman kami yang berada di museum air tawar. Setelah menjemput , kami pergi ke masjid untuk sholat. Lalu , kami kembali ke bus dan makan siang di bus.
Setelah itu , kami mengunjungi taman bunga. Lalu kami foto kelas lagi di dalam taman bunga itu. Kami boleh memilih tempat dimana kami berfoto. Setelah itu, kami duduk di tikar dan membentuk sebuah lingkaran setiap kelompoknya. Lalu kami dijelaskan bagaimana cara membuat gantungan kunci dengan sebuah kuningan. Pertama-tama , kami harus masukan benang ke bolongan yang ada di kuningan itu. Lalu kami membuat gambar diatas kuningan itu dengan spidol marker . Setelah itu ,kami celupkan kuningan itu ke cairan panas. Dan terakhir , kami lap dan gosok serta bersihkan kuningan itu dengan kain. Setelah membuat gantungan kunci kami kembali ke bus dan kembali ke masjid lagi untuk sholat ashar. Setelah itu , kami kembali lagi ke bus untuk pulang. Di bus , kami diberi berbagai macam snack. Kami sampai di labschool sekitar jam 04.30. Lalu kami pulang.