Rabu, 30 Maret 2011

puisi chairil anwar

DOA

Kepada pemeluk teguh

Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut namamu

Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh

Cayamu panas suci
Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi

Tuhanku

Aku hilang bentuk
Remuk

Tuhanku
Keterangan
Aku mengembara di negeri asing : Panjang
: Tinggi
Tuhanku : Rendah
Di pintumu aku mengetuk : Lembut
Aku tidak bisa berpaling : Keras

Parafrase :
Kepada pemeluk teguh kepada tuhanku, dalam termangu aku masih menyebut namamu biarpun aku sedang sangat susah , tapi aku tetap mengingat kau. Penuh seluruh cayamu dan panas suci hanya tinggal kerdip lilin di kelam sunyi. Tuhanku , sekarang aku sudah hilang bentuk, sudah remuk. Tuhanku , sekarang aku mengembara di negeri asing. Tuhanku di pintumu aku mengetuk, dan aku tidak bisa berpaling.

Amanat :
• Biarpun susah , kita harus tetap mengingat Allah
• Kalau kita sudah masuk ke sesuatu yang penting , kita tidak boleh mundur / menyerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar